KACANG OVEN JEPARA DAN POTENSI PEMASARANNYA

14 Feb 2012

POTENSI KACANG OLAHAN JEPARA

Bahan baku kacang olahan ini adalah kacang tanah yang dapat ditanam dan tumbuh di Daerah Jepara dengan baik bahkan berkualitas bagus, kecocokan tanah dan cara penanamannya apalagi dengan penyediaan bibit yang unggul. Dalam hal ini pihak pemerintah melalui pemberian bantuan penyediaan bibit unggul dan peran Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Pertanian dengan pembimbingannya niscaya hasil akan lebih maksimal permasalahan berikutnya adalah bagaimanakah pemasarannya. Bahan baku yang sudah tersedia ternyata dapat seiring dengan kebutuhan bahan baku yang menunjang home industri makanan ringan sebagai cemilan ataukah sekedar teman nonton bola di TV. Makanan ringan tersebut adalah kacang oven diantaranya. Kacang oven Jepara ini memiliki kekhasan belum banyak berkembang di kota lain maka kacang oven ini menjadi trade mark kacang khas Jepara. Adapun pembuatannya relatif sederhana.

kacang tanah

Aneka olahan kacang di Indonesia sudah sangat berkembang bahkan di Indonesia telah ada industry besar yang mengolah kacang. Olahan kacang tanah di Indonesia meliputi nting-nting, sambel kacang, kacang telur, kacang sangrai, bumbu pecel, rempeyek, ampyang, dan masih banyak olahan lainnya.
Kacang tanah memiliki rasa yang gurih karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Kacang oven merupakan olahan kacang tanah tanpa menggunakan minyak dalam proses pembuatannya. Rasanya sangat nikmat dan menggugah selera. Pada gigitan pertama, Anda akan merasakan kacang yang gurih dan tidak berminyak.

Cara pembuatan kacang oven Jepara :

1. Kacang dikupas dan dicuci untuk menghilangkan kotoran dan bau.

2. Kacang yang masih basah diberi bumbu : bawang, garam, penyedap / rempah sesuai selera.

proses pencucian

3. Setelah bumbu bercampur merata, kacang kemudian di jemur dibawah terik matahari

penjemuran


4. Setelah kering dilakukan pengovenan yaitu penggorengan tanpa minyak goreng denganmedia pasir putih yang bersih, penggorengan dilakukan dengan api sedang selama 15 20 menit.

5. Setelah kacang kering dilakukan penyortiran untuk memisahkan kacang yang layak saji/dijual. Kemudian diadakan pengepakan / dikemas kacang oven dan siap dipasarkan.

BAGAIMANAKAH AGAR KACANG OVEN ITU DAPAT BERTAHAN LAMA

Agar kacang oven itu dapat bertahan lama dan tidak berubah rasanya serta berkualitas :

1. Kacang harus dicuci bersih

2. Kacang tidak dalam keadaan basah sehabis dicuci

3. Bumbu juga harus bersih, tidak terkontaminasi dengan jamur

4. Dipilih kacang yang baik, tidak yang sudah rusak apalagi yang busuk

5. Kemasan diusahakan yang kedap udara agar tidak mudah terkena udara lembab

Masyarakat Jepara ikut berpartisipasi dalam mengenalkan kacang oven Jepara sebagai oleh-oleh kepada sanak saudara, teman atau kenalan dari luar kota. Melalui itulah kacang oven Jepara dapat dikenal, digemari dan merupakan makanan cemilan sehari-hari.
Macam-macam rasa kacang oven yaitu rasa gurih, manis dan asin.

kacang oven Jepara


PEMASARAN KACANG OVEN SEKARANG INI


kacang-open-jepara-jayatic-jepara-1

Pemasaran kacang oven sekarang ini belum maksimal walaupun sudah lebih baik dari tahun-tahun yang lalu. Sebelumnya penjualan kacang oven itu hanya ditempat produksinya saja. Tetapi sekang pemasarannya sudah merambah ke toko-toko swalayan di Jepara. Kacang oven dijual per kg Rp. 35.000,-. Pemasaran selanjutnya adalah ke swalayan-swalayan atau toko-toko di luar kota Jepara atau memasang iklan atau penawaran melalui internet. Dengan begitu pemasaran akan lebih luas lagi kalau sudah berkembang. Dari industri rumaha, kacang oven dapat berkembang menjadi industri pabrikan dan menjanjikan keuntungan besar dan sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Disusun oleh :

NAMA : PUJI ASTUTIK
NIM : 1110001587
KELAS : A [ MANAJEMEN ]
ALAMAT BLOG : PUJIASTUTIK.BLOGDETIK.COM


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post